Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Bahasa Pemrograman Part 1

Hai sobat Fian, dalam artikel ini saya akan membagikan kepada kalian macam-macam bahasa pemrograman. Berbicara tentang dunia komputer, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan bahasa khusus perintah atau instruksi yang berupa susunan-susunan kata. Bahasa ini biasanya digunakan dalam pembuatan software, website, suatu perintah komputer, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman | Fian Fain

Bahasa komputer ini ternyata ada banyak sekali macamnya. Dari macam-macam bahasa pemrograman, penggunaannya pun juga berbeda-beda. Nah buat sobat yang penasaran, berikut ini disajikan macam-macam bahasa pemrograman yang harus kamu ketahui, terutama untuk sobat yang ingin masuk ke dunia komputer atau ingin mempelajari bahasa pemrograman.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman (Part 1)

  • Python
Python merupakan salah satu jenis bahasa komputer yang masuk dalam kategori bahasa pemrograman mudah. Syntax atau susunan bahasa Python sangat mudah dipahami dan bisa dibilang simple. Sehingga tak jarang jika Python banyak digunakan oleh programmer pemula.

Bahasa pemrograman komputer Python ini juga digunakan oleh pengembang website-website besar lho. Seperti Instagram, Pinterest, Yahoo, Google, bahkan situsnya NASA. Python merupakan bahasa pemrograman yang beriorientasikan pada objek dan termasuk kategori bahasa pemrograman yang dinamis.

Berikut adalah contoh penggunakan bahasa pemrograman Python: [coming soon].

  • C++
C++ adalah bahasa hasil perkembangan dari bahasa C. Struktur bahasa C++ hampir sama seperti bahasa C. Namun, seperti uang kita ketahui bahwa bahasa C++ memiliki fungsi yang lebih daripada bahasa C. Jadi, sobat tidak perlu mempelajari bahasa C untuk bisa menggunakan bahasa C++.

Bahasa C++ biasa digunakan dalam pengembangan game, aplikasi, pembuatan robot, dan lain sebagainya. Bahkan bisa dikatakan bahasa C++ bisa memproses segala jenis bahasa komputer. Tetapi, bahasa C++ cukup kompleks sehingga sedikit sulit untuk dipelajari. Tetapi jika kita niat, terutama jika sobat seorang mahasiswa atau pelajar, tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa ini.

Berikut adalah contoh penggunakan bahasa pemrograman C++: [Coming soon].

  • PHP
Salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh orang Indonesia yaitu PHP. Dulu awalnya PHP adalah singkatan dari Personal Home Page Tools. Namun, sekarang sudah diubah menjadi Hypertext Preprocessor. Bahasa pemrograman PHP umumnya digunakan untuk mengembangkan website. PHP dipilih karena dapat mengembangkan suatu website yang dinamis dan merupakan server side scripting. Jadi PHP bisa digabungkan penggunaannya bersama HTML.

Bahasa PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini terbilang gratis dan banyak ditemukan di berbagai jenis platform, server dan aplikasi. Bahkan website-website besar kelas kakap seperti Facebook dan Wordpress telah menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dalam pengembangannya.

Berikut adalah contoh penggunakan bahasa pemrograman PHP: [Coming soon].
  • JavaScript
JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering sobat jumpai di website-website pada umumnya (dominan menggunakan bahasa ini). JavaScript bisa kita gabungkan penggunaannya bersama HTML untuk menciptakan suatu fungsi yang ada dalam website menjadi lebih menarik. Contohnya seperti kata sapaan berikut:
Halo! Selamat sob, semoga hari ini lebih baik dari hari sebelumnya. :v
Sobat bisa membuktikan kata sapaan tersebut mengikuti waktu real-time di wilayah masing-masing. Jika sobat membuka artikel ini pada pagi hari, maka yang muncul yaitu sapaan Selamat Pagi, begitu seterusnya. Keren kan sob? :D
Bahasa pemrograman komputer JavaScript dikembangkan oleh Netscape. Bahasa ini bisa dibilang mudah untuk dipelajari, apalagi untuk sobat yang suka mengutak-atik website ataupun blog di blogger.

Kelebihan dari bahasa JavaScript yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang ialah bahwa bahasa pemrograman ini relatif mudah untuk dipelajari. Memori yang dibutuhkan tidak besar dan mudah dikembangkan menjadikan Javascript bisa menampilkan suatu fungsi website dengan cepat dan menarik.

Sementara untuk Part 1 ini disajikan 4 macam bahasa pemrograman dulu ya sob. Selanjutnya nanti akan di bahas di Part 2.

Demikian artikel tentang macam-macam bahasa pemrograman. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca. Jika ada yang kurang jelas, sobat bisa bertanya atau komen di kolom komentar di bawah. Terima kasih..

2 comments for "Macam-Macam Bahasa Pemrograman Part 1"

  1. Keren gan artikelnya. Saya ingin mempelajari bahasa pemrograman Python, persiapan yang dibutuhkan apa saja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas niat dulu sob, lalu sobat bisa mendownload Python di website resminya: https://www.python.org/downloads/ .

      Delete

Berkomentarlah dengan baik ya sob!