Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Lancar Mengerjakan Soal Ujian

Hai sobat Fian, dalam artikel ini saya akan memberikan Tips Agar Lancar dalam Mengerjakan Soal Ujian. Seperti apa ya kira-kira tipsnya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Tips Agar Lancar dalam Mengerjakan Soal Ujian

Bagi sobat seorang pelajar, sebelum dinyatakan lulus ialah harus diuji terlebih dahulu dengan beberapa soal. Soal soal tersebut merupakan penentu kelulusan sobat , jadi kamu harus bersungguh sungguh dalam mengerjakan soal ujian tersebut. Kesungguhan dalam mengerjakan soal ujian bisa dilihat dari segi persiapan intelektualnya, persiapan barang barang apakah yang dibutuhkan, dan lain sebagainnya. Sehingga nantinya jika kita mengerjakan soal akan lancar dan tanpa ada hambatan apapun. Karena disini kelancaran merupakan salah satu faktor bisa tidaknya sobat mengerjakan soal ujian.

Mendapatkan kelancaran untuk mengerjakan soal ujian merupakan suatu anugrah yang sangat besar. Salah satu bentuk kelancaran dalam mengerjakan soal ujian ialah tenang. Tenang merupakan modal awal sebelum sobat mengerjakan soal ujian. Entah disini ujian nasional, ujian harian, atau ujian masuk perguruan tinggi. Namun sobat juga harus memperhatikan intelektual yang sobat miliki. Sobat harus banyak belajar sehingga ketika mengerjakan soal ujian, akan lebih mudah dan ketenangan akan datang dengan sendirinya. Jika sobat termasuk pejuang pejuang kelulusan ujian, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar ujianmu terasa mudah dan lancar.

8 Tips Agar Lancar dalam Mengerjakan Soal Ujian
  • Belajar jauh-jauh hari
Belajar jauh-jauh hari merupakan hal yang harus sobat lakukan sebelum kalian melakukan ujian. Apalagi ujian tersebut merupakan ujian penentu kelulusan. Sobat harus intensif belajar sebelum kalian menghadapi ujian tersebut. Bentuk dari sebuah komitmen akan belajar di jauh hari ialah dengan membuat jadwal belajar. Buatlah jadwal dahulu kapan sobat akan belajar, setelah itu sobat tinggal menerapkannya. Semisal saja, ujian kalian dilaksanakan tanggal 15-20. Maka langkah yang tepat ialah belajarlah pada tanggal 10 untuk ujian pada tanggal 20, belajar di tanggal 11 untuk ujian tanggal 19, belajar di tanggal 12 untuk ujian tanggal 18 dan seterusnya. Apabila setelah didapati tanggal 14, maka kalian akan belajar untuk tanggal 15, tanggal 15 kalian akan belajar untuk tanggal 16 dan seterusnya. Sistem ini dinilai ampuh jika kalian terapkan secara maksimal dan konsisten.
  • Persiapkan keperluan ujian jauh-jauh hari
Setelah sobat membuat planning waktu belajar, kini kamu harus mempersiapkan keperluan apa saja yang rasa rasa sobat butuhkan. Semisal saja seperti bolpoin, pensil, rautan, penghapus, penggaris dan lain sebagainya. Jangan sampai sobat mempersiapkan secara dadakan, karena hal ini akan mengganggu konsentrasi sobat ketika hendak ujian. Setelah sobat mempersiapkan keperluan, kalian  akan jauh lebih tenang ketika hari H tiba.
  • Buatlah ringkasan materi ujian
Memahami materi merupakan kunci kesuksesan dalam mengerjakan soal ujian. Setiap orang memiliki cara memahami materi yang berbeda beda. Salah satu cara untuk memahami materi dengan baik ialah dengan membuat ringkasan. Membuat ringkasan dapat membantu sobat mengulas kembali materi materi yang telah kalianpelajari jauh sebelumnya. Ringkasan materi juga membantu kalian untuk menghafalkan rumus-rumus, kalimat kalimat penting, konsep, dan lain sebagainya. Ada beberapa cara untuk membuat ringkasan. Semisal saja sobat membuatnya ke dalam selembar kertas folio, atau membuat buku khusus ringkasan atau lainnya yang sesuai dengan gaya kalian masing-masing. Setelah sobat membuat ringkasan, nantinya sobat bisa belajar hanya dengan menggunakan ringkasan tersebut.
  • Makan makanan yang bergizi
Salah satu faktor penting lainnya ialah makan makanan bergizi. Makanlah makanan yang bergizi dan bagus untuk kesehatan tubuh terutama otak sobat. Ada beberapa makanan yang saya rekomendasikan untuk kalian yang hendak melaksanakan ujian. Semisal saja makanan yang mengandung kaya akan omega 3, kaya akan potasium, mengandung vitamin E, zat besi, asam folat, dan masih banyak lagi. Untuk omega 3, sobat bisa menemukannya pada ikan ikan laut seperti sarden, makarel, tuna, atau yang lainnya. Untuk makanan yang kaya akan potasium, sobat bisa menemukannya pada buah pisang. Buah pisang merupakan salah satu sumber potasium terbesar lho. Untuk makanan yang mengandung vitamin E, sobat bisa menemukannya pada kacang-kacangan. Sedangkan untuk zat besi dan asam folat sobat bisa mengonsumsi sayur hijau seperti bayam. Makanan-makanan tersebut terbukti baik buat perkembangan otak kalian. 

  • Aturlah pola tidur sobat dengan baik
Tidur dan kerileksan merupakan salah satu kunci utama ketenangan mengerjakan soal ujian. Setiap orang memiliki waktu berbeda beda untuk tidur. Oleh karena itu sebelum sobat mengatur pola tidur, sobat harus mengenali terlebih dahulu berapa jam waktu yang dibutuhkan kalian untuk tidur. Setelah kalian mengetahui waktunya, selanjutnya kalian harus mengatur pola tidur jauh jauh hari sebelum ujian. Semisal saja sobat harus mulai tidur ketika pukul 8 atau 9 malam. Dan nantinya sobat bisa bangun di pukul 4 atau 5 pagi. Ingat, sobat harus mulai melakukan pola ini jauh jauh hari. Karena tubuh sobat membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan pola baru yang kalian buat. Jika dirasa strategi ini sukses, sobat akan mendapatkan tubuh yang fit dan fresh ketika ujian nanti.
  • Buatlah dirimu rileks sebelum ujian
Mengingat ketenangan merupakan modal utama kesuksesan mengerjakan soal ujian, oleh karena itu buatlah diri kalian rileks dan fresh. Semisal saja setelah sobat memadatkan diri dengan belajar, sobat  bisa mengambil sedikit waktu untuk berlibur atau sekedar bermain game. Ingat, sobat jangan terlalu terlena dengan waktu liburan yang ada. Di waktu liburan tersebut, sobat harus menyelingi dengan sedikit waktu untuk mengulas materi yang telah sobat pelajari sebelumnya. Dengan berlibur sebelum ujian, maka pikiran sobat akan lebih rileks dan tidak tegang. Setelah liburan atau waktu rileks sobat sudah habis, sobat bisa berfokus kembali dengan ujianmu.
 
  • Hindari belajar kebut semalam
Biasanya teknik ini digunakan oleh sebagian pelajar. Namun apakah sobat tahu bahwa teknik seperti ini sebenarnya tidak baik? Tubuh kalian akan terasa lelah setelah kalian belajar pada malam harinya untuk ujian di esok hari. Mengejar materi untuk ujian di esok hari dengan cara seperti ini tidak akan efektif untuk memahaminya. Bukan hanya itu saja, sobat akan merasa tidak siap ketika menerapkan sistem ini. Disamping itu, otak kalian tidak akan siap menangkap materi sebanyak itu dan ujung ujungnya ketika hari H tiba sobat akan lelah.
 
  • Berdoa terlebih dahulu sebelum ujian mulai
Setelah sobat menerapkan delapan tips di atas, hal terakhir yang harus sobat lakukan ialah berdoa. Dengan berdoa, semuanya akan terasa lebih mudah. Sobat juga bisa berdoa jauh-jauh hari sebelum hari ujian tiba. Ketika ujian hendak dimulai, sobat bisa berdoa lagi untuk memantapkan kesiapan kalian. Tanpa berdoa, belum tentu sobat akan diberi kemudahan dalam mengerjakan soal ujian meskipun sudah belajar dengan sungguh-sungguh. Karena ridho Tuhan mampu memudahkan segala urusan manusia. Luangkan sedikit waktu untuk berdoa ketika ujian tiba. Berdoa akan membantu sobat fokus menghadapi ujian. Terakhir, berdoalah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing masing.

Yak demikian ya sob artikel tentang Tips Agar Lancar dalam Mengerjakan Soal Ujian. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca. Kalau ada yang ingin ditanyakan/disampaikan, gausah malu buat berkomentar di kolom komentar ya sob. Sampai bertemu di artikel berikutnya.. :D

Post a Comment for "Tips Agar Lancar Mengerjakan Soal Ujian"